Selamat Datang

SELAMAT DATANG semoga Anda nyaman di blog sederhana ini semoga tidak membosankan

Senin, 14 April 2014

Arti Sholat Tahajud





sholat tahajud adalah sholat sunah yang di kerjakan pada waktu malam. Sedikitnya dua roka'at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Waktunya sesudah sholat 'Isya sampai terbit fajar. Sholat di waktu malam hanya dapat disebut tahajud, dengan syarat apa bila di lakukan setelah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Jadi apa bila di lakukan sbelumnya maka itu tidak disebut tahajud, tetapi sholat sunnat saja seperti witir dan sebagainya.

Kalau sudah di ketahui waktunya sholat ini dari waktu 'isya sampai subuh, sedang sepanjang malam ini ada saat-saat utama, lebih utama dan paling utama maka waktu yg panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian:


a. Sepertiga pertama yaitu kira kira dari pkl 19 sampai dengan pkl 22, ini saat utama.


b. Sepertiga kedua yaitu kira-kira pkl 22 sampai dengan pkl 1, ini saat yg lebih utama.


c. Sepertiga ketiga yaitu kira-kira pkl 1 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini adalah saat paling utama.

Demikian lah menurut hadist Rosululloh SAW yg artinya; Perintah Alloh turun ke langit dunia di waktu tinggal yg sepertiga ahir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdoa), pasti akan Aku kabulkan, adakah orang meminta akan Aku beri, dan adakah orang yang mengharap/memohon ampunan pasti akan Ku ampuni baginya sampai tiba waktu subuh.

0 komentar:

Posting Komentar