Selamat Datang

SELAMAT DATANG semoga Anda nyaman di blog sederhana ini semoga tidak membosankan

Sabtu, 22 Februari 2014

DERAJAT OARANG YANG MENUNTUT ILMU

Jika ditinjau dari segi orang yg memiliki ilmu dengan yg tidak, maka sungguh jauh sekali perbedaanya, baik nilainya maupun derajatnya, sebagaimana firman Alloh swt.: "KUL HAL YASTIL-LADZINA YA'LAMUUNA WAL-LADZIINA LAYA'LAMUUNA IN-NAMA YA TADZAK-KARU ULUL ALBAB"
yang artinya: "Katakanlah hai Muhammad!. Adakah sama orang yang berilmu dengan orang yg tidak berilmu? Sesungguhnya yang dapat menyadari itu hanyalah irang yang mempunyai fikiran". (S. Az-Zumar, ayat 9)
di dalam ayat lain Alloh swt. Berfirman: "YAR FAGHIL-LAHUL LADZIINA AAMANU MINGKUM WAL-LADZIINA UTUL 'ILMA DAROJATIN" Yang artinya: "Alloh meninggikan segala orang yang beriman dan segala orang yang diberikan ilmu dengan beberapa derajat" (s. Al-Mujaadalah, ayat 11).
Ayat-ayat tersebut menggambarkan, betapa tinggi nilai dan derajat orang yg berilmu itu. Dengan ilmu manusia akan memperoleh segala kebaikan; Dan dengan ilmu manusia akan memperoleh derajat dan kedudukan yg mulia. Walaupun pada suatu ketika pandangan manusia terhadap ilmu atau pemilik ilmu menjadi kabur, karena kerasnya pengaruh bendakbenda atau yang lain-lain, tetapi kita yakin, nanti pada suatu ketika juga, manakala bahaya yang di timbulkan oleh benda-benda atau lainya telah menghebat, orang akan kembali lagi mencari ilmu untuk pengobatannya.

0 komentar:

Posting Komentar